Panitia Skripsi Gelar Ujian Baca Al-quran Bagi Mahasiswa Angkatan 2015/2016

By Administrator 29 Jun 2019, 00:00:00 WIB Kegiatan Mahasiswa
Panitia Skripsi Gelar Ujian Baca Al-quran Bagi Mahasiswa Angkatan 2015/2016

Sabtu tanggal 29 Juni 2019 Panitia skripsi menggelar ujian Al-quran bagi mahasiswa/ mahasiswi angkatan 2015/2016 di aula kampus STAI Hasan Jufri Bawean. Ujian ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dimulai jam 8:30-12:00 WIB. Sedangkan sesi kedua dimulai jam 13:00-14:30. Peserta ujian al-quran tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan peserta ujian al-qur’an tahun lalu, pada tahun 2018 jumlah peserta ujian al-qur’an sebanyak 40 orang dari empat program studi sedangkan untuk tahun ini peserta ujian al-qur’an sebanyak 60 orang dari empat program studi.


Seluruh mahasiswa/mahasiswi di uji bacaan Al-qur’annya, satu persatu mahasiswa/ mahasiswa dipanggil oleh penguji untuk membaca Al-qur’an sesuai dengan surat yang telah ditentukan oleh panitia, surat yang di baca dalam ujian Al-quran kali ini adalah surat-surat yang didalamnya ada bacaan ghoribnya, Tujuannya adalah untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa/mahasiswi terhadap bacaan gharib yang ada dalam Al-qur’an. Diantaranya adalah surat hud, surat kahfi, surat fusshilat dll. sedangkan penilaian  yang diuji meliputi: tajwid, fashahah dan lagu.


Dalam ujian Al-quran pada tahun ini ada sedikit perbedaan dengan ujian Al-qur’an pada tahun-tahun sebelumnya, pertama pada tahun sebelumnya yang menjadi penguji dalam ujian al-qur’an adalah dari kalangan dosen STAI Hasan Jufri Bawean namun, pada ujian Al-qur’an kali ini pengujinya mengundang dari luar yaitu ketua TPQ Bawean (Ust. Hasbullah dari gunung teguh). Yang kedua pada ujian al-qur’an kali ini mahasiswa/mahasiswa membaca al-qur’an dengan menggunakan mix sehingga dapat didengar oleh banyak orang. “ Alhamdulillah hasil ujian al-quran pada tahun ini cakup bagus tidak ada yang mendapat nilai dibawah 60 dan InsyaAllah ntuk agenda selanjutnya ujian baca Al-qur’an kemungkinan akan dilaksanakan di awal semester, sehingga kedepan ujian Al-qur’an bisa menjadi persyaratan ikut PKL, KKN, dan skripsi.” terang Ansharuddin M, M.Pd.I ( Ketua Panitia Skripsi Tahun 2019)



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook