Kembali ke homepage

Visi dan Misi

Visi STAI Hasan Jufri Bawean sebagaimana dirumuskan dalam Statuta Sekolah Tinggiyang tercantum dalam Pasal 3 (1) Statuta STAI Hasan Jufri Bawean adalah sebagai berikut:

Terwujudnya Sekolah Tinggi Agama Islam yang unggul dan kompetitif sebagai pusat pengembangan di bidang Ilmu Syariah dan Pendidikan  Islam berbasis entrepreneurship di Provinsi Jawa Timur pada tahun 2021”.

STAI Hasan Jufri Bawean secara unik mempunyai karakteristik-karakteristik yang mencerminkan keunggulan dari sebuah lembaga pendidikan tinggi. Adapun karakteristik tersebut adalah:

Pertama: STAI Hasan Jufri Bawean mempunyai karakteristik keislaman yang integratif, moderat dan inklusif. Ini maksudnya bahwa kajian-kajian keislaman yang dikembangkan oleh STAI Hasan Jufri Bawean melalui program-program studinya berbasis integrasi nilai-nilai Islam dan ilmu pengetahuan. Dalam kata lain, kajian-kajian tersebut tidak hanya bersifat normatif akan tetapi juga mampu menempatkan Islam sebagai objek kajian ilmiah. Kajian-kajian ini juga menjunjung tinggi prinsip-prinsip moderasi sehingga melahirkan lulusan-lulusan STAI Hasan Jufri Bawean yang mampu menjadi solusi bagi perbedaan dan masalah-masalah umat. Sejalan dengan itu, kajian-kajian keislaman di STAI Hasan Jufri Bawean bersifat terbuka terhadap berbagai perbedaan dan perdebatan yang berkembang di tengah umat.

Sedangkan untuk mata kuliah ilmu-ilmu pengetahuan modern atau nonkeislaman, integrasi dilakukan dengan: (a) melakukan kajian-kajian  islami dan menyajikannya dalam mata kuliah ilmu pengetahuan modern terkait; (b) melakukan internalisasi nilai-nilai keislaman dalam proses pembelajaran; dan (c) menumbuhkan kesadaran Ilahiah dalam setiap pembelajaran sains modern.

Kedua: STAI Hasan Jufri Bawean juga memiliki karakteristik keilmuan yang aktual dan progresif. Selain sifat keilmuan yang integratif, ilmu-ilmu pengetahuan yang dikembangkan di STAI Hasan Jufri Bawean senantiasa mengikuti perkembangan pengetahuan di dunia. Lebih dari itu, kajian-kajian ilmiah STAI Hasan Jufri Bawean akan melahirkan hasil-hasil penelitian dan pengajaran yang berkualitas dan terdepan dalam peta kajian ilmiah global. Langkah progresif menjadi vital mengingat peran STAI Hasan Jufri Bawean sebagai salah satu agent of changedalam peradaban Islam.

Ketiga: untuk tujuan pengembangan peradaban Islam itu, STAI Hasan Jufri Bawean mampu menanamkan etos yang tinggi kepada seluruh sivitas akademikanya. Dengan etos yang tinggi ini, figur-figur STAI akan menampilkan jiwa-jiwa optimis, pekerja keras, dan enterpreuner yang mampu berkontribusi dalam pengembangan masyarakat atau umat dengan mengedepankan nilai-nilai keislaman.

 

Untuk merealisasikan Visi STAI Hasan Jufri Bawean di atas, dirumuskanlah pernyataan-pernyataan misi (mission statements) sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan bersifat akademik dan professional yang sesuai dengan kebutuhan era globalisasi.
  2. Mengembangkan penelitian keilmuan Islam yang berkualitas.
  1. Menyelenggarakan pengabdian yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Menciptakan budaya akademik yang berkualitas.