Siap-Siap Untuk Menyongsong Malam Jum'at Sampai Shalat Jum'at

By Administrator 05 Jul 2018, 00:00:00 WIB Artikel Dosen
Siap-Siap Untuk Menyongsong Malam Jum'at Sampai Shalat Jum'at

Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita jika malam Jum'at tiba, maka jangan kau sia-siakan malam yang mulia itu. Hendaknya kita isi kegiatan qiyamullail.

Pertama: salat tahajud 11 rekaat sebagaimana yang telah dilakukan oleh Rasulillah SAW. Kemudian bersholawat kepadanya sebanyak-banyaknya terlebih sholawat IBRAHIMIYAH insya Allah bisa menjadi sebab bertemu dengan Rasul dalam mimpi, tetapi harus sholat jamaah isyak & jamaah subuh.

Sholawat ibrahimiyah adalah sholawat yang dibaca ketika duduk dalam tahiyyat akhir. Karena Jum'at itu سيد الأيام, maka diusahakan pada pagi harinya tidak bepergian, kalau terpaksa tetap pergi jangan sampai tidak salat Jumat. Kecuali ada uzur syar'i yang tidak bisa ditingglkan.

Kedua, sebelum shalat Ju'mat ada waktu waktu mustajabah, yaitu shalat duha, jika mampu 8 rakaat, atau 6 rakaat, 4 rakaat, minimal 2 rakaat. setiap 2 rakaat salam, usahakan saat ruku' dan sujud jika mampu dipanjangkan, insya Allah yang punya keluhan darah tinggi, lutut linu, dan sejenisnya, disembuhkan oleh Allah SWT (terapi duha).

Ketiga: Ketika masjid sudah mengumandangkan kalimah thayyibah, bersiap-siaplah menuju ke masjid supaya dapat menempati shaf awal, jangan tergesa-gesa duduk, lakukanlah salat tahiyyatul masjid minimal 2 rekaat. Kalau mampu sebagaimna yang dikutip Imam Al Ghazali dalam Ihyaknya juz 1 bab أداب الجمعة Rasulullah bersabda:

Sebelum duduk, sebaiknya laksanakanlah shalat Tahiyyatul Masjid, yang utama empat rakaat dengan 1 salam. Tiap rakaat bakda al-Fatihah, bacalah surat al-Ikhlas sebanyak 50 kali (dalam sebuah hadits disebutkan bahwa pengamal ini tak akan wafat kecuali ia melihat tempat untuknya di surga atau orang lain yang menyaksikan tempat tersebut.

Teks aslinya yg diriwayatkan oleh imam Nafi' sebagai berikut:

ان من فعل ذلك لم يمت حتى يرى مقعده من الجنة او يرى له.

Kata Imam al-Ghazali:

ﻓﻜﻞ ﻋﻠﻢ ﻻ ﻳﺪﻋﻮﻙ ﻣﻦ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﺇﻟﻰ ﺍﻵﺧﺮﺓ ﻓﺎﻟﺠﻬﻞ ﺃﻋﻮﺩ ﻋﻠﻴﻚ ﻣﻨﻪ

“Tiap ilmu yang tak mendorongmu menjauh dari (cinta) dunia, mendekatkan kepada (cinta) akhirat, bodoh atas ilmu itu lebih bagus daripada menguasainya.”

والله اعلم بالصواب


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook